Gubernur Papua Dorong PERDASUS KTP Orang Asli Papua

JAYAPURA, beritapapua.net – Gubernur Papua, Lukas Enembe menyampaikan bahwa akan mendorong Peraturan Daerah Khusus (Perdasus) di Provinsi Papua tentang pembuatan Kartu Tanda Penduduk (KTP) lokal Orang Asli Papua (OAP).

Gubernur Papua Lukas Enembe saat memberikan pernyataan pers

Menurutnya hal ini berkaitan dengan data penduduk OAP hingga Perlindungan terhadap OAP, selain itu hingga saat ini belum ada data lengkap jumlah OAP maupun sebarannya. Pembuatan KTP lokal Papua dinilai sesuai dengan mandat UU No.21 tahun 2001 tentang Otonomi Khusus.

Gubernur Enembe dalam pernyataannya, Jumat (26/10/2018) mengakui bahwa terkait pengumpulan database OAP, dirinya sudah meminta kepada seluruh Bupati untuk mendatanya namun hingga saat ini belum dapat diperoleh.

“Oleh karena itu, Perdasus kita akan tambah lagi, yaitu mewajibkan pembuatan KTP lokal bagi OAP sendiri, sehingga kita bisa mengetahui jumlah yang sebenarnya,” ungkap Enembe.

Menurutnya draft Perdasus ini sudah ada, namun akan diskusikan terlebih dahulu untuk perubahan atau penambahan Perdasus yang mana OAP harus memiliki KTP lokal.

Selain itu, Enembe juga menyampaikan bahwa Untuk masalah database ini, tentu pihaknya juga akan bekerja sama dengan pihak gereja maupun instansi terkait lainnya. Menurutnya data OAP yang dimiliki oleh Gereja akan jadi dasar pendataan awal.

“Karena gereja memiliki data base OPA yang lengkap dan mereka tahu secara jelas anggota jemaat mereka,” tutup Enembe.

Laporan: Vian/DharaPos

Sumber: https://www.beritapapua.net/

Comments

comments

Add Comment