Dua gubernur dari PNG akan berkunjung ke Papua

Gubernur Papua, Lukas Enembe saat bertemu dengan Gubernur Madang, Peter Yama di Madang pada bulan September lalu - Jubi/Victor Mambor
Gubernur Papua, Lukas Enembe saat bertemu dengan Gubernur Madang, Peter Yama di Madang pada bulan September lalu – Jubi/Victor Mambor

Jakarta, Jubi – Dua Gubernur dari Papua Nugini (PNG) akan berkunjung ke Papua dalam waktu dekat ini. Kunjungan ini untuk menindaklanjuti rencana kerjasama ekonomi dan olahraga yang telah di bicarakan sebelumnya.

“Gubernur Madang, Peter Yama dan Gubernur National Capital District (NCD), Powes Parkop akan berkunjung ke Provinsi Papua dalam waktu dekat ini,” ungkap Gubernur Papua, Lukas Enembe di Jakarta, Sabtu (6/10/2018).

Kunjungan ini, menurut Gubernur Enembe adalah kunjungan balasan dari kedua gubernur PNG itu. Peter Yama telah mengirimkan surat kepada Pemerintah Provinsi Papua, memberitahukan jadwal kunjungannya. Peter Yama bersama rombongannya akan berkunjung pada tanggal 21-23 Oktober. Sedangkan Powes Parkop belum memberitahukan jadwal kunjungannya.

Peter Yama, akan menjajaki investasi di sektor pertambangan dan sektor lainnya. Ia berharap Indonesia, terutama Provinsi Papua bisa hadir secara bisnis dan ekonomi di Provinsi Madang.

“Saya siap memberikan kemudahan kepada pengusaha Papua seperti yang saya berikan kepada pengusaha dari Chin, Philipina dan Jepang selama ini,” kata Peter Yama saat bertemu dengan Enembe di Madang, bulan September lalu.

Peter Yama, yang juga adalah seorang pengusaha ini, juga berminat membuka jalur laut dari Jayapura ke Madang seperti yang ditawarkan oleh Pemerintah Papua dalam kunjungan ke Madang itu. Bahkan Yama bersedia memfasilitasi pengusaha-pengusaha Papua dalam mencari mitra bisnis di Madang.

Selain menjajaki peluang bisnis, Peter Yama juga berharap pemerintah Provinsi papua bisa menyediakan guru bahasa Indonesia bagi pengusaha-pengusaha di Madang yang akan berbisnis dengan pengusaha-pengusaha Indonesia.

Setelah berkunjung ke Jayapura, Gubernur Madang ini akan melanjutkan perjalanannya ke Jakarta untuk menghadiri Trade Expo Indonesia 2018. (*)

Comments

comments

Add Comment