KNPB Pusat dukung Kanaky tentukan nasib sendiri

Category: Pasifik Selatan 2 0

Jayapura, Jubi – Komite Nasional Papua Barat (KNPB) Pusat menggelar diskusi terbatas mendukung FKLNS (Organisasi Perjuangan Pembebasan Suku Kanaky di New Caledonia).

Organisasi itu telah diterima dengan baik oleh Melanesian Sparhead Group (MSG) untuk melakukan Referendum sesuai mekanisme Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) pada November mendatang.

Ketua Satu KNPB Pusat, Agus Kosay mengatakan, sudah saatnya Kanaky menentukan nasib sendri melalui mekanisme referendum dari kolonial Perancis .

“Kanaky harus menentukan nasib sendiri. Apabila Kanaky merdeka nantinya bisa memberikan dukungannya kepada West Papua. Sebab kami rakyat Papua senasib dengan Kanaky. Wilayah Pasifik yang berada dibawa kolonialisme,” katanya, kepada Jubi, Rabu (12/8/2018).

Aktivis Gempar, Nelius Wenda mengatakan, West Papua sebagai bangsa yang tertindas oleh kolonial Indonesia mendukung penuh agenda referendum yang akan berlangsung November.

“Kanaky harus menentukan nasib sendiri, harus jauh lebih baik daripada berada di bawah kolonialisme Perancis. Kami rakyat Papua sama seperti Kanaky nantinya,” katanya.(*)

Comments

comments

Related Articles

Add Comment