Wan Papua Warriors akan perluas kampanye HAM Papua di Inggris

Wan Papua Warriors - Jubi
Wan Papua Warriors – Jubi

Jayapura, Jubi – Wan Papua Warriors ingin menyampaikan pesan mereka kepada dunia di London Rugby League Nines pada bulan Juli yang akan datang.

Sebelumnya tim rugby ini dikenal sebagai West Papua Warriors. Tim dibentuk untuk meningkatkan kesadaran tentang pelanggaran hak asasi manusia yang sedang berlangsung di Tanah Papua, Indonesia.

Kapten tim Tala Kami, Kamis (31/5/2018) kepada Radio New Zealand mengatakan Inggris memiliki penduduk asal Papua New Guinea dan Tanah Papua yang besar dan, setelah bermain di liga di PNG dan Australia, mereka melihat bermain di London sebagai peluang kampanye yang besar.

“Jadi terakhir kali kami bermain adalah pada bulan Januari tahun lalu di Cabramatta (di Sydney) dan itu sudah lebih dari satu tahun lalu,” katanya.

“Kami baru saja mencari turnamen di mana kami dapat bermain dan meningkatkan profil internsional sebanyak yang kami bisa sehingga London jelas merupakan peluang untuk mencapai tempat yang belum pernah kami kunjungi sebelumnya dan meningkatkan kesadaran tentang Tanah Papua di sana.”

“Ada komunitas Papua New Guinean yang besar di Inggris, di London, dan juga komunitas Tanah Papua yang sangat kuat di Inggris, termasuk Benny Wenda yang merupakan wajah kampanye pembebasan Papua Barat sehingga dia sangat sadar akan kedatangan kami. Dia dan keluarganya adalah sangat gembira juga, ” kata Kami.

Tala Kami mengatakan bahwa penyelenggara Nines London tidak memiliki masalah dengan sikap politik mereka.

“Ketika kami pertama kali dihubungkan dengan mereka, mereka tidak benar-benar tahu tentang kami – mereka hanya melihat kami sebagai tim liga rugby lainnya,” katanya.

“Karena mereka sudah melakukan penelitian sedikit lebih banyak, mereka merangkul kami, menggunakan tim kami dan pesan kami sebagai salah satu poin iklan unggulan turnamen saat ini sehingga tidak ada masalah sama sekali, mereka sudah sangat menyambut . ”

Wan Papua Warriors mengumpulkan dana untuk membantu membayar perjalanan mereka, tetapi Tala Kami mengatakan mereka telah ditawari akomodasi gratis di London.

Dia mengatakan banyak pemain di Inggris tertarik untuk terlibat sehingga hanya beberapa pemain akan melakukan perjalanan dari PNG untuk berlaga dalam turnamen tersebut. (*)

Comments

comments

Add Comment