Penembakan pesawat terjadi lagi, distribusi logistik Pilkada dihentikan sementara

Category: Papua Merdeka 12 0
Pilot Twin Otter Trigana yang menjadi korban dalam insiden penembakan, Senin (25/6/2018) - IST
Pilot Twin Otter Trigana yang menjadi korban dalam insiden penembakan, Senin (25/6/2018) – IST

Jayapura, Jubi – Kabidhumas Polda Papua Kombes Pol A.M. Kamal menjelaskan bahwa pesawat Twin Otter Trigana yang disewa oleh Brimob ditembak di Bandara Keneyam, Kabupaten Nduga, Papua pada Senin pukul 10.00 WIT.

“Ya benar,” kata Kombes Kamal dalam pesan singkat, Senin.

Ia menjelaskan awalnya pesawat dari Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Papua, mendarat dengan mulus di Bandara Keneyam pada pukul 09.40 WIT. Kemudian pesawat menuju taxi out untuk parkir, namun tiba-tiba ditembak orang tak dikenal pada sekitar pukul 10.00 WIT.

Atas peristiwa tersebut, pilot pesawat, Kapten Ahmad Abdillah Kamil tertembak dibagian punggung.

“Korbannya pilot pesawat, sudah mendapat penanganan medis,” katanya.

“Diperkirakan pesawat dihujani tembakan dari arah kiri pesawat karena korban luka tembak merupakan pilot yang duduk di sebelah kiri pesawat,” katanya.

Polri dibantu TNI kini masih berupaya mengejar pelaku penembakan.

Dari data manifes, pesawat tersebut ditumpangi oleh 15 orang dan diawaki seorang pilot dan seorang kopilot.

Berkaitan dengan penembakan yang terjadi, pihak Bandar Udara Wamena di Jayawijaya, memastikan beberapa maskapai yang dicarter untuk pendistribusian logistik pemilihan gubernur dan wakil gubernur Papua 2018, menghentikan sementara pendistribusian usai penembakan pesawat Trigana.

Pelaksana Harian Kepala Bandara Wamena Fredy Hallatu di Wamena, ibu kota Kabupaten Jayawijaya, Senin, mengatakan informasi penghentian penerbangan angkutan logistik pemilu itu diterima dari Semuwa Dirgantara.

“Tadi kami minta informasi dari teman-teman dari Semuwa Dirgantara, untuk sementara mereka tidak terbang dalam rangka untuk membawa logistik ke beberapa titik. Benar-benar kalau mereka mendapat jaminan keamanan dahulu baru bisa terbang,” katanya.

Ada beberapa titik yang pendistribusian logistik pilgub menggunakan pesawat namun pihak bandara belum menerima kepastikan jumlah titik seluruhnya. (*)

Comments

comments

Related Articles

Add Comment