Parpol perempuan pertama dibentuk di Vanuatu

Category: Pasifik Selatan 21 0
Komite Eksekutif Sementara atau Komite Pengarah parpol Leleon Vanuatu Party. - DVU/ Jonas Cullwick
Komite Eksekutif Sementara atau Komite Pengarah parpol Leleon Vanuatu Party. – DVU/ Jonas Cullwick

Efate, Jubi – Sebuah partai politik perempuan telah dibentuk mengikuti hasil dari Konferensi Nasional ke-15, dari Dewan Perempuan Nasional Vanuatu (Vanuatu National Council of Women; VNCW) yang diadakan di Farea Pasifika di Desa Mele di Efate.

Peran parpol itu adalah untuk membantu mencapai kesetaraan gender 50% di setiap badan pengambil keputusan negara tersebut, terutama di Parlemen Vanuatu, nasional maupun provinsi.

Partai yang diberi nama Leleon Vanua Party (LVP) itu diluncurkan oleh Koalisi untuk Kesetaraan Gender di parlemen. Penasihat koalisi itu, juga mantan anggota parlemen Vanuatu, Hilda Lini, mendeklarasikan peluncuran partai itu setelah Kongres VNCW ditutup.

Pembentukan itu dilakukan setelah Konferensi ke-15 VNCW itu mengesahkan Pernyataan Outcome ke-4, dari Konferensi VNCW untuk membentuk partai politik sesuai dengan Pasal 1.9 Konstitusi VNCW, yang mendorong perempuan untuk aktif dalam bidang politik, sosial dan budaya ekonomi dan agama, dengan cara meningkatkan status perempuan di Vanuatu.

Visi LVP adalah: kesatuan dan perdamaian, misinya untuk memobilisasi perempuan dan laki-laki berpartisipasi dalam politik. Tujuan partai itu adalah membangun masa depan yang baik, agar semua orang dapat hidup dalam damai dan bersatu.

Mottonya: True Happiness. Targetnya: Untuk mempersiapkan para pemimpin perempuan, agar dapat mengambil tempat mereka bersama dengan kaum laki-laki di parlemen, dan untuk mengelola ekonomi nasional sesuai dengan visi ekonomi Independent Vanuatu.

Keanggotaan partai itu terbuka bagi semua perempuan, laki-laki, dan organisasi-organisasi yang setuju dengan kriteria keanggotaan partai LVP: cinta, suka cita, perdamaian, kebaikan, kesetiaan, kerendahan hati, kontrol diri, dan kebajikan.

LVP akan dijalankan di bawah struktur organisasi, yang terdiri dari 18 komisi koordinator di seluruh negeri, satu Komite Eksekutif Nasional, dan Kongres Nasional.

Komite Eksekutif Sementara atau Komite Pengarah, juga diumumkan pada acara peluncuran parpol ini, untuk mengarahkan dan memimpin partai ini sampai Kongres Nasional pertamanya, yang dijadwalkan untuk bertemu pada Oktober atau November 2018, untuk memilih Komite Eksekutif Nasional. (Daily Post Vanuatu)

Comments

comments

Related Articles

Add Comment