ULMWP tidak tahu rencana deklarasi persiapan kemerdekaan

Selebaran yang tersebar ke masyarakat melalui media sosial, Jub/ist

Selebaran yang tersebar ke masyarakat melalui media sosial, Jub/ist

Jayapura, Jubi – Kepala Kantor Sekretariat Koordinasi United Liberation Movement for West Papua (ULMWP), Markus Haluk, mengatakan tidak tahu adanya rencana deklarasi panitia persiapan kemerdekaan. Ia menyatakan selebaran tentang Panitia Persiapan Deklarasi Kemerdekaan Negara Republik West Papua, pada 5 Maret 2018, bukan dari organisasinya.

“Di luar sepengetahuan dan koordinasi kami,” ujar  Haluk, kepada Jubi di Abepura, Kota Jayapura, Rabu (3/4/2018).

Ia juga telah melakukan kordinasi ke penggurus United Liberation Movement for West Papua (ULMWP) sebagai lembaga representatif untuk kemerdekaan Papua. “Namun tak ada rencana deklarasi,” kata Haluk menjelaskan.

Selain itu telah mengecek ke Ketua ULMWP, Benny Wenda, yang berkedudukan di Inggris. Namun juga tidak mengetahui kabar yang beredar lewat selebaran beberapa sebelumnya.

“Saya cek kepada ketua ULMWP tapi beliau juga tidak tahu dan hanya baca di facebook ,” kata mantan Sekretaris Jenderal Asosiasi Mahasiswa Pegunungan Tengah Papua Se-Indonesia (AMPTPI) ini.

Haluk menyimpulkan pemberitahuan itu di luar koordinasi poros tengah perjuangan Papua Merdeka dan masuk ke dalam kategori urusan faksi tertentu.

“Jadi ini di luar kami. Saya harapkan ini tidak mendegradasi proses yang kita bangun dan capai melalui ULMWP,” katanya.

Sekretaris umum Komite Nasional Papua Barat (KNPB), Ones Suhuniap, juga membantah mengeluarkan selebaran yang isinya mengajak masyarakat Papua terlibat persiapan pembentukan panitia deklarasi negara West Papua.

“Imbauan atau selebaran yang tersebar di media sosial dan masyarakat itu bukan resmi dari KNPB pusat” kata Ones.

Ones menyatakan organisasinya belum membentuk persiapan panitia deklarasi. Ia menyebutkan kelompok yang menamakan diri panitia persiapan negara Republik Papua Barat dan akan menggelar deklarasikan pada tanggal 5 April 2018, bukan bagian dari KNPB.

“Saya tegaskan bahwa belum pernah seluruh komponen perjuangan Papua merdeka membentuk panitia persiapan negara Republik Papua barat,” kata Ones menegaskan. (*)

Comments

comments

Share this post:

Related Posts

Leave a Comment