Penyanderaan di Mimika, Mamoyao: Jangan asal tuduh

Category: Mee-Pago 6 0
Legislator Papua, Mathea Mamoyao - Jubi/Arjuna
Legislator Papua, Mathea Mamoyao – Jubi/Arjuna

Jayapura, Jubi – Legislator Papua dari daerah pemilihan Mimika dan sekitarnya, Mathea Mamoyao mengingatkan berbagai pihak tidak asal menuduh kelompok tertentu dalam insiden penyanderaan dan pemerkosaan guru di Kampung Aroanop, Distrik Tembagapura, Kabupaten Mimika yang terjadi pekan lalu.

Ia mengatakan, tak ada dasar untuk menuduh kelompok tertentu sebagai aktor di balik aksi itu, lantaran pelaku belum ditangkap.

Wanita Suku Kamoro, salah satu suku asli Mimika ini tak yakin pelaku adalah kelompok bersenjata di wilayah itu atau disebut aparat keamanan dengan tuduhan sebagai kelompok kriminal bersenjata (KKB).

“Saya tidak yakin mereka pelakunya. Saya baru dari Timika. Selama dua hari di sana, saya mencari informasi terkait aksi OTK ini. Warga mengatakan, pelaku bercadar (bertopeng). Bagaimana mungkin mengenali mereka,” tegas Mathea Mamoyao, Kamis (26/4/2018).

Meski tak tahu siapa di balik ini, namun ia menduga kejadian itu tidak murni. Sengaja diciptakan, mengingatkan kini jelang pelaksanaan pilkada Mimika dan pilgub Papua.

“Saya tidak yakin itu dilakukan oleh kelompok bersenjata. Bukan kah area itu dijaga ketat aparat keamanan. Jadi ini seakan sengaja diciptakan kemudian mengatasnamakan kelompok. Ini tak masuk akal. Ada apa di balik itu,” ujarnya.

Ia mengingatkan pemerintah daerah dan aparat keamanan tak mengabaikan jika ada kejadian di daerah, khususnya Mimika, kalaupun itu hal sepele karena dikhawatirkan sewaktu-waktu akan ada konflik besar.

“Kepolisian harus segera menanganinya, karena pilkada tujuh kabupaten dan pilgub semakin dekat. Jangan sampai terjadi sesuai yang dapat menghambat agenda nasional,” ucapnya.

Anggota Komisi I DPR Papua bidang politik, hukum, HAM dan pemerintahan, juga mengingatkan pihak terkait tidak mengabaikan jika ada masalah di daerah, sekecil apa pun itu.

Ia khawatir, jika hal itu dibiarkan akan berpotensi menggangu tahapan atau pelaksanaan pilgub Papua.

“Saya pikir sekecil apa pun masalah di daerah, harus segera disikapi,” kata Wanimbo. (*)

Comments

comments

Related Articles

Add Comment