Papua segera terbitkan Pergub pangan lokal

Mama Papua sedang sajikan papeda - Dok.Jubi
Mama Papua sedang sajikan papeda – Dok.Jubi

Jayapura, Jubi – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua segerea menerbitkan  Peraturan Gubernur (Pergub) tentang pangan lokal. Aturan itu akan mewajibkan setiap hotel maupun restoran menyajikan makan khas Papua.

“Pergub itu sebagai regulasi pengembangan pangan lokal, terutama sagu yang tidak hanya disajikan pada kegiatan, tetapi dapat dikembangkan sebagai produk unggulan atau produk makanan,” kata Penjabat Gubernur Papua, Soedarmo, belum lama ini .

Menurut Soedarmo  ia berharap sagu menjadi produk nasional, sebab sagu manfaatnya sangat bagus, terutama untuk kesehatan. Apa lagi wilayah Papua sangat luas dengan pohon sagu di bumi Cenderawasih juga sangat banyak, baik Papua maupun Papua Barat.

“Ini jika dimaksimalkan produksinya, tentu bisa menjadi produk yang sangat luar biasa,” kata Soedarmo menjelaskan.

Selain sagu, Soedarmo juga meminta agar kopi Papua bisa dikembangkan secara baik, karena kualitas kopi Papua jauh berbeda dengan daerah lain dalam artian punya rasa yang khas.

“Kopi Papua memiliki kualitas yang sangat baik, sehingga harus dikembangkan,” ujarnya.

Ia mengharapkan dalam perda itu mengatur dukungan sejumlah pihak terhadap pangan khas Papua, termasuk keberadaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) di Papua juga harus bersinergi untuk memberikan bimbingan kepada para petani dalam mengembangkan pangan lokal.

“Saya minta BUMN untuk bersinergi dalam rangka memberikan bimbingan atau pendampingan kepada masyarakat,” ujarnya. (*)

Comments

comments

Add Comment