NPB bantah edarkan selebaran pembentukan panitia deklarasi

nes Suhuniap, tengah bersama militan KNPB saat - Jubi/ David Sobolim
nes Suhuniap, tengah bersama militan KNPB saat – Jubi/ David Sobolim

Jayapura, Jubi– Pimpinan pusat Komite Nasional Papua Barat (KNPB), membantah beredarnya selebaran yang isinya mengajak masyarakat Papua terlibat persiapan pembentukan panitia deklarasi negara west Papua. Bantahan itu disampaikan Sekretaris KNPB, Ones Suhuniap secara langsung .

“Imbauan atau selebaran yang tersebar di media sosial dan masyarakat itu bukan resmi dari KNPB pusat” kata Ones kepada sejumlah wartawan, di taman Museuum expo waena, Selasa, (3/4/2018).

Ones menyatakan organisasinya belum membentuk persiapan panitia deklarasi. Ia menyebutkan kelompok yang menamakan diri panitia persiapan negara Republik Papua barat yang akan menggelar deklarasikan pada tanggal 5 April 2018, bukan bagian dari organisasi yang ia pimpin.

“Saya tegaskan bahwa belum pernah seluruh komponen perjuangan Papua merdeka membentuk panitia persiapan negara Republik Papua barat,” kata Ones menegaskan.

Ia mengaku tak tahu kelompok yang mengedarkan selebaran itu, apa lagi organsiasinya belum memberikan mandat perjuangan, sehingga ia tak bertangungjawab terhadap gerakan yang selama ini ada di tanah Papua maupun luar negeri.

Munculnya selebaran yang mengatasnamakan organisasinya membuat Ones menyatakan bantahan yang intinya badan pengurus pusat KNPB tidak bertanggungjawab jika ada korban dalam kegiatan tersebut. “Dan secara resmi menyampaikan kepada Papua bahwa surat imbauan tentang deklarasi tersebut bukan di keluarkan dari KNPB,” katanya.

Ones juga menyatakan  belum tahun jika salah satu panitia tersebut mantan anggota KNPB.

Tercatat beredar selebaran yang mengajak masyarakat Papua ikut dalam deklarasi panitia negara Republik Papua barat pada tanggal 5 April 2018, di lapangan kali Kalmowker Perumnas 3 Waena, Kota Jayapura, dalam beberapa hari terakhir. (*)

Comments

comments

Add Comment