Kembalikan fungsi hutan Papua

Category: Alam Bicara 3 0
Ilustrasi - Jubi/Dok.
Ilustrasi – Jubi/Dok.

Jayapura, Jubi – Upaya pengembalian fungsi hutan di Papua terus didorong Pemerintah Provinsi (Pemprov) setempat akibat masih banyak warga yang belum menjaga kelestariannya dengan baik.

Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Papua Jan Jap Ormuseray, mengatakan bahwa pengembalian fungsi hutan tersebut sudah menjadi rencana strategis dari Kementerian Kehutanan yang dilaksanakan pada setiap provinsi di Indonesia, khususnya Bumi Cenderawasih.

“Seperti yang diketahui bersama, fungsi hutan yang pertama, yakni bagaimana hutan ini memberikan makan dan meningkatkan kesejahteraan, perekonomian suatu daerah,” katanya di Jayapura, Jumat (27/4/2018).

Menurut Jan, sayangnya masyarakat masih fokus dalam memanfaatkan hutan saja dan belum mengupayakan langkah-langkah pelestariannya dengan baik.

“Khusus di Papua sendiri, pemanfaatan sumber daya alam hutan ini memang belum dikelola secara baik oleh masyarakat, padahal dari hasilnya banyak manfaat untuk mendukung sektor ekonomi masyarakat,” ujarnya.

Ia menjelaskan bahwa pengembalian fungsi hutan dan pemanfaatannya untuk masyarakat tersebut terus menjadi perhatian serius Pemprov Papua.

“Hasil hutan di Papua ini menjadi manfaat yang luar biasa bagi peningkatan ekonomi masyarakat dengan tidak terlepas dari pengembalian fungsi hutan itu sendiri untuk kelestarian lingkungan hidup,” katanya lagi.

Hal itu, kata dia, juga merupakan permintaan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI untuk mengembalikan fungsi hutan secara baik di Provinsi Papua. (*)

Comments

comments

Related Articles

Add Comment