Kafe di Papua wajib sediakan kopi asli daerah

Category: Uncategorized 2 0
Meja Lesehaan dari Rotan di Banana Leaf cafe
Meja Lesehaan dari Rotan di Banana Leaf cafe

Jayapura, Jubi – Dinas Perkebunan Provinsi Papua mewajibkan kafe dan kedai yang ada di wilayahnya menyediakan kopi asli setempat. Kebijakan itu sebagai promosi kopi asli Papua yang harus dilakukan semua pihak tanpa terkecuali.

“Apa lagi dari segi kualitas, kopi Papua jauh lebih enak,” kata Kepala Dinas Perkebunan Papua, Jhon Nahumury, kepada wartawan, di Jayapura, Senin (26/3/2018).

Menurut dia, upaya mempromosikan kopi khas Papua juga melibatkan Dinas Perdagangan dan Perindustrian. Bahkan dalam waktu dekat akan melakukan indentifikasi geografis yang menandakan kopi yang ada di Papua sesuai daerah penanaman.

“Jika ini sudah dilakukan, maka setiap petani kopi sudah harus bekerja sesuai SOP, sehingga kopi Papua tetap terjaga kualitasnya,” ujar Nahumury, menambahkan.

Nahumury menyebutkan harga jual kopi Papua juga tinggi karena didukung oleh kualitas yang tidak diragukan lagi, hal itu ada kaitannya dengan cara penanganan waktu panen dan pasca panen.

Dinas perkebunan Papua terus mendorong dengan cara pendampingan dan mengajarkan cara bercocok tanam kopi yang baik. Langkah itu dilakukan  agar harga yang diberikan sesuai dengan kualitas kopi yang dihasilkan.

Selain itu Dinas perkebunan juga sedang memantapkan kelembagaan agar sama-sama berunding untuk menetapkan harga kopi sesuai kualitas. Hal itu untuk menjaga petani tidak jelan sendiri-sendiri.

“Apalagi kopi Papua bisa dijual dengan harga Rp 50 ribu  hingga Rp 100 ribu per kilo, harga itu tergantung kualitas dan kesepakatan dalam kelembagaan,” katanya.

Penjabat Sementara Gubernur Papua, Soedarmo, sebelumnya mengajak pimpinan OPD di wilayahnya terus membicarakan hasil bumi Papua di berbagai pertemuan.

“Kalau rasa memiliki tidak ada, tidak mungkin bisa kembangkan potensi-potensi yang ada,” kata Soedarmo. (*)

Comments

comments

Related Articles

Add Comment