5 Bulan Perang Suku di Papua Tak Kunjung Selesai, 9 Orang Tewas

Category: MADAT 2 0
Selasa 13 Maret 2018, 14:41 WIB, Saiman – detikNews
5 Bulan Perang Suku di Papua Tak Kunjung Selesai, 9 Orang Tewas
5 Bulan Perang Suku di Papua Tak Kunjung Selesai, 9 Orang Tewas

Timika – Perang kelompok warga di Distrik Kwamki Narama, Timika, Papua, sudah berlangsung selama lima bulan. Hari ini satu orang warga meninggal setelah terkena panah dan jasadnya telah dibakar.

Ratusan warga di Distrik Kwamki Narama masih mempersenjatai diri dengan alat perang tradisional berupa panah, parang, dan senjata tajam tradisional lainnya. Mereka masih saling serang. Warga Kampung Landu Mekar dan Kampung Pompa Dua menyerang warga Kampung Mekurima, yang posisinya di antara dua kampung tersebut.

Akibat perang warga di Distrik Kwamki Narama, sembilan warga meninggal dan ratusan warga mengalami luka-luka.

Aparat kepolisian yang disiagakan dan selalu memblokade perang warga kewalahan lantaran perang antarwarga berpindah dari lokasi terbuka di kawasan jalan penghubung kampung itu ke pekarangan dan hutan-hutan.

Perang warga di Distrik Kwamki Narama merupakan dendam-dendam perang antarwarga sebelumnya. Salah satu tokoh masyarakat Amungme, Yohanis Kibak, meminta pemerintah menengahi konflik warga Kwamki Narama.

“Pemda Mimika dan Provinsi harus turun ke lapangan. Membantu menengahi permasalahan di Kwamki Narama, agar perang tidak berkelanjutan,” kata Yohanis Kibak, Selasa (13/3/2018).

Perang ini dinilai telah keluar dari perang adat. Sebab, perang kali ini banyak menelan korban di luar lokasi perang.

“Ini perang sudah bukan perang pakai adat, pembunuhan di luar lokasi perang, warga yang sedang beraktivitas di luar lokasi perang jadi korban,” jelas Yohanis.

Pihaknya berharap aparat lebih tegas menindak dengan hukum positif daripada hukum adat.

“Iya, polisi harus tegas dengan hukum positif, ini kelemahan di Papua. Hukum positif dinomorduakan. Tangkap pelaku, proses hukum, biar jera,” tambah Yohanis.

Hingga saat ini TNI/Polri disiagakan di Kwamki Narama guna menghalau perang warga.

Kwamki Narama terletak di sebelah utara Timika, 3 kilometer dari Kota Timika, yang penduduknya merupakan 90 persen orang asli Papua dari berbagai suku besar, seperti Amungme, Dani, dan Damal.
(asp/asp)

Comments

comments

Related Articles

Add Comment