Wali Kota Jayapura larang bunyikan petasan saat Natal

Category: Mamta 0 0

Jayapura, Jubi  Wali Kota Jayapura Benhur Tommy Mano (BTM) melarang warga membakar atau membunyikan petasan saat malam kudus pada perayaan Natal 25 Desember mendatang.

Larangan tersebut juga berlaku saat malam pergantian tahun sehingga umat Kristiani dapat menjalankan ibadah dengan tenang, tanpa gangguan bunyi-bunyian yang berasal dari petasan.

“Kami berharap warga kota melaksanakannya karena Pemkot Jayapura hanya melarang di jam-jam tertentu saat umat Kristiani melaksanakan ibadah,” kata Wali Kota Jayapura Tommy Mano, di Jayapura, Jumat (22/12/2017).

Ia mengatakan larangan membunyikan atau membakar petasan itu tertuang dalam instruksi Wali Kota Jayapura Nomor 4 Tahun 2017 tertanggal 11 Desember 2017.

“Bagi warga yang tidak mengindahkan instruksi tersebut akan diberikan sanksi tegas,” kata Tommy Mano.

Sementara itu, Kapolres Jayapura Kota AKBP Tober Sirait menghimbau kepada masyarakat untuk mematuhi instruksi Wali Kota Jayapura untuk tidak membakar petasan di waktu tertentu.

“Masyarakat diharapkan mematuhi larangan tersebut sehingga umat Kristiani dapat menjalankan ibadah dengan khikmah,” ujarnya.

Instruksi Wali Kota Jayapura terkait larangan membunyikan petasan atau kembang api itu yakni untuk tanggal 24 Desember dari jam 17.00 WIT hingga 23.00 WIT, tanggal 25 Desember dari jam 08.00 WIT-11.00 WIT.

Kemudian malam Tahun Baru tanggal 31 Desember dari jam 17.00 WIT hingga 24.00 WIT, dan tanggal 1 Januari 2018 dari jam 08.00 WIT-11.00 WIT.

Dari pantauan, tampak para penjual kembang api dan petasan memenuhi emperan pertokoan yang ada di pusat Kota Jayapura dan di Abepura dengan harga yang ditawarkan bervariasi. (*)

Comments

comments

Related Articles

Add Comment