Puluhan simpatisan KNPB diamankan Polres Merauke

Puluhan simpatisan KNPB diamankan dan dibawa ke Polres Merauke sekaligus diperiksa dan diberikan pembinaan – Jubi/Frans L Kobun
Puluhan simpatisan KNPB diamankan dan dibawa ke Polres Merauke sekaligus diperiksa dan diberikan pembinaan – Jubi/Frans L Kobun

Merauke, Jubi – Sebanyak 20 simpatisan Komite Nasional Papua Barat (KNPB) diamankan aparat kepolisian Merauke, pada Kamis (30/11/2017) malam. Mereka rencananya bakal dipulangkan pada Jum’at siang.

“Simpatisan KNPB itu diamankan di salah satu rumah di seputaran Jalan Cikombong, Kelurahan Kamundu  semalam sekitar pukul 24.00 Wit,” kata Kabag Ops Polres Merauke, Komisaris Polisi (Kompol) Marthen Koagouw, kepada Jubi Jumat (1/12/2017).

Marthen menyebutkan para simpatisan  KNPB sedang berdiskusi sekaligus merencanakan melakukan aksi pada Jum’at hari ini.  Ia mengaku tidak tahu pasti hasil pembicaraan simpatisan kNPB yang ditangkap itu, menurut Marthen saat mengetahui polisi datang, pembicaraan dalam diskusi mereka dihentikan.

“Tetapi jelasnya ada rencana melakukan aksi 1 Desember,” ujar Marthen menjelaskan.

Tercatat saat hari peringatan 1 Desember, jum’at 2017 polisi menggelar patroli di tiga titik yang sering menjadi  tempat diskusi aktivis maupun simpatisan KNPB. Ketiga wilayah itu meliputi Jalan Bupul, Jalan Domba serta Jalan Cokombong. “Kita tidak menemukan orang berkumpul dan melakukan berbagai kegiatan,” katanya.

Kapolres Merauke, Ajun Komisaris Besar (AKB) Bahara Marpaung menyatakan sejauh ini situasi aman kondusif dan masyarakat tetap beraktivitas sebagaimana biasa.

“Memang semalam sejumlah orang diamankan, karena sedang berkumpul membicarakan sesuatu. Namun langsung diamankan dan dibawa ke Polres Merauke,” kata Bahara.

Setelah diperiksa dan pembinaan mereka  akan dipulangan. “Semalam mereka tinggal di Polres Merauke. Tetapi hari ini akan diantar ke rumah masing-masing menggunakan mobil,” katanya. (*)

Comments

comments

Add Comment