OPM dan polisi baku tembak di Lanny Jaya

Ilustrasi anggota OPM Lanny Jaya pimpinan Purom Wenda - Jubi. Dok
Ilustrasi anggota OPM Lanny Jaya pimpinan Purom Wenda – Jubi. Dok

Jayapura, Jubi Pihak yang menyatakan diri sebagai Organisasi Papua Merdeka (OPM) pimpinan Purom Okiman Wenda yang bermarkas di wilayah Lanny Jaya, Papua mengklaim sebagai pelaku penembakan ke arah Polres Lanny Jaya di Tiom, saat anggota polisi sedang apel pagi, Rabu (6/12/2017) sekira pukul 08.15 waktu Papua.

“Itu kami yang lakukan penembakan. Ketika itu kebetulan kami lewat dan aparat Polres Lanny Jaya sedang apel, kemudian kami tembak. Ada dua anggota polisi yang kena,” kata pihak yang mengklaim sebagai Purom Okiman Wenda ketika menghubungi Jubi, Rabu (6/12/2017).

Menurutnya, ini adalah aksi spontanitas pihaknya, saat melintas di dekat Polres Lanny Jaya.

Kapolres Lanny Jaya, AKBP Tony Ananda Swadaya ketika dihubungi Jubi via teleponnya membenarkan aksi kontak senjata itu.

“Betul ada kontak senjata. Situasi sudah aman, tadi kebetulan waktu kami apel pagi, kami ditembak dari arah bawah sungai. Mereka yang menembak dahulu ke Polres. Tetapi mereka sudah mundur,” kata AKBP Tony Ananda.

Menurutnya, kontak senjata terjadi selama kurang lebih tiga jam. Namun ia memastikan tidak ada korban jiwa dalam insiden itu, dan kini situasi sudah aman. Kendaraan dari Wamena, Jayawijaya ke Lanny Jaya sudah dapat melintas. Begitu juga dari Tiom menuju Wamena juga sudah melintas.

“Kami terus waspada mengantisipasi adanya penyerangan berikutnya. Itu yang kami khawatirkan. Kami siaga dibantu oleh TNI. Kelompok Purom Wenda yang melakukan penyerangan, karena mulai, 1 Desember itu mereka sudah melaksanakan aksi penembakan terhadap mobil kami yang melakukan patroli,” ujarnya. (*)

Comments

comments

Add Comment