Jokowi Bagikan 2.568 Sertifikat Tanah di Sorong, Papua Barat

Category: MADAT 3 0

Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) membagikan ribuan sertifikat tanah untuk masyarakat di Sorong, Papua Barat. Putra bungsu Jokowi, Kaesang Pangarep, ikut.

Antusiasme masyarakat sudah nampak sejak Jokowi menempuh perjalanan di Kota Sorong, Papua Barat, Rabu (20/12/2017) pagi. Jokowi turun dari mobilnya, menyapa para warga sekitar.

Akhirnya Jokowi sampai di arena pembagian sertifikat tanah, yakni di Gedung Aimas Convention Center Jl. Sorong-Klamono KM 23 Kecamatan Aimas, Kabupaten Sorong, pukul 09.00 WIT. Istrinya Iriana ada di samping. Kaesang Pangarep berkaos lengan panjang warna putih terlihat memegang kamera, berada jauh dari panggung, di bagian belakang.

Di dalam ruangan sudah ada 1.230 orang dari Kabupaten Sorong, Kota Sorong, dan Kabupaten Sorong Selatan. Ada 2.568 sertifikat tanah yang dibagikan, terdiri dari 789 sertifikat untuk wilayah Kabupaten Sorong, 482 sertifikat untuk Kota Sorong, dan 1.297 sertifikat untuk Kabupaten Sorong Selatan.

Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional Sofjan Djalil dan
Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan hadir di acara.

Menurut laporan Menteri Sofjan Djalil, perkiraan jumlah bidang tanah di Provinsi Papua Barat ada 1.356.581 bidang, tanah yang terdaftar baru 14 persennya yakni 190.638 bidang, dan yang belum terdaftar ada 86 persen dari total bidang tanah. Presiden Jokowi menargetkan 15.500 bidang tanah di Papua Barat disertifikatkan di tahun 2017.

“Di Papua Barat tahun ini targetnya 15 ribu sertifikat harus keluar. Tahun depan 40 ribu sertifikat harus keluar,” kata Jokowi.

Acara ini juga diisi dengan acara bagi-bagi sepeda. Ada tiga orang yang mendapat sepeda karena bisa menjawab kuis Jokowi, soal Pancasila dan soal nama-nama pulau di Indonesia.

Selepas penyerahan sertifikat di Kabupaten Sorong ini, Jokowi dan rombongan akan melanjutkan perjalanan menuju Kabupaten Nabire, Provinsi Papua dengan menggunakan Pesawat CN-295 melalui Bandara Domine Eduard Osok, Kota Sorong.

Di Nabire, Presiden akan meninjau lahan bandar udara baru dan meresmikan Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas (PLTMG) Nabire dan PLTMG Papua di Kelurahan Kali Bobo, Distrik Nabire, Kabupaten Nabire.

Di hari kedua kunjungan kerja ini, Presiden dan Ibu Iriana bersama rombongan akan menginap di Kabupaten Nabire.
(dnu/jor)

Sumber: https://news.detik.com/ 

Comments

comments

Related Articles

Add Comment