Dana Otsus Papua Barat 2018 sebesar Rp 2,4 triliun

Category: Otonomi Khusus 1 0
KEPALA BADAN KEUANGAN DAN ASET DAERAH PAPUA BARAT, ABIA ULLU.
KEPALA BADAN KEUANGAN DAN ASET DAERAH PAPUA BARAT, ABIA ULLU.

MANOKWARI, Cahayapapua.com— Kucuran dana otonomi khusus yang akan diterima Provinsi Papua Barat pada tahun 2018 sebesar Rp.2,4 triliun, sementara dana tambahan infrastruktur otonomi khusus sebesar Rp.1,6 triliun.

Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Asset Daerah Papua Barat Abia Ullu di Manokwari, Senin, mengatakan, dana tambahan Otsus bagi Papua Barat pada tahun 2018 lebih besar dibanding tahun ini yang hanya Rp.875 miliar.

Dia menyebutkan, sesuai janji gubernur dan wakil gubernur Papua Barat, pembagian dana Otsus mulai tahun 2018 akan menggunakan skema baru. Hal ini pun sudah tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Papua Barat tahun 2017-2022.

“90 persen pengelolaan dana Otsus akan diserahkan kepada kabupaten/kota. Provinsi cukup mengelola 10 persen,” kata dia.

Dia menjelaskan, pemberlakuan skema baru ini tidak serta merta. Belum lama ini gubernur dan pemerintah kabupaten kota telah melaksanakan penandatangan nota kesepahaman pengelolaan dana transfer pusat tersebut.

Menurutnya, gubernur telah memberi penegasan kepada pemerintah kabupaten/kota untuk memenuhi kewajiban serta tanggungjawab masing-masing dalam pengelolaan dana tersebut.

“Laporan pertanggungjawaban penggunaan dana Otsus harus disampaikan secara berkala. Kami provinsi tidak mau ada keterlambatan dalam pelaporan, lalu jangan sampai ada masalah,” ujarnya.

Menurutnya, dampak buruk yang pasti terjadi akibat keterlambatan laporan adalah terhambatnya proses transfer dari pemerintah pusat. Para bupati dan walikota diharapkan serius mengawal laporan dana Otsus di wilayah masing-masing.

Terkait dana tambahan infrastruktur, Abia menjelaskan, dana tersebut akan dikelola oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Dinas Perhubungan. Dana sebesar 1.6 triliun itu akan dimanfaatkan untuk percepatan pembangunan infrastruktur seperti jalan dan jembatan. (ibn)

Comments

comments

Related Articles

Add Comment