Upayakan Diplomasi Terkait Isu Papua, DPR Rancang Forum Parlemen Negara-negara Pasifik

TRIBUNNEWS.COM, WARSAWA – Terkait isu Papua, Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI dikatakan sedang merancang sebuah forum parlemen negara-negara Pasifik.

Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon di Polandia, didampingi oleh Dubes RI untuk Republik Polandia, Peter F Gontha, bertemu dengan Kepala Kabinet Pemerintah Polandia, Krysztof Szczerski di ruang rapat Istana Presiden Polandia, Kamis, waktu setempat (23/11/2017).
Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon di Polandia, didampingi oleh Dubes RI untuk Republik Polandia, Peter F Gontha, bertemu dengan Kepala Kabinet Pemerintah Polandia, Krysztof Szczerski di ruang rapat Istana Presiden Polandia, Kamis, waktu setempat (23/11/2017).

Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon membahas isu Papua dalam kunjungannya ke Polandia, Kamis (23/11/2017) waktu setempat.

Fadli melakukan pertemuan dengan Kepala Kabinet Pemerintah Polandia, Krysztof Szczerski, di ruang rapat Istana Presiden Polandia, didampingin oleh Duta Besar RI untuk Republik Polandia, Peter F Gontha

Pertemuan tersebut membahas sejumlah isu, khususnya terkait isu Papua yang belakangan sedang ramai dengan gerakan separatisme Papua.

Dikatakan yang menjadi fokus utama dalam pertemuan tersebut adalah meminta dukungan Pemerintah Polandia untuk integritas wilayah Indonesia.

Menurut Fadli, gerakan pro-kemerdekaan Papua saat ini sudah lebih banyak menggunakan jalur diplomasi, media sosial, propaganda media, serta memanfaatkan jaringan organisasi-organisasi internasional.

“Melihat kasus Papua tersebut, saya kira seharusnya mempengaruhi pola pendekatan pemerintah dalam menangani Papua,” jelas Fadli Zon.

“Karenanya, dalam pendekatannya pun harus menggunakan jalur diplomasi,” lanjutnya.

Fadli mengambil contoh satu dari beberapa upaya diplomasi terkait isu Papua yang sedang dilakukan oleh DPR.

Saat ini, kata Fadli, DPR sedang merancang sebuah forum regional yang akan mengundang dan mengumpulkan parlemen negara-negara Kepulauan Pasifik.

“Kita harus merangkul tetangga-tetangga kita, terutama dalam hal ini adalah negara-negara Pasifik, terkait isu Papua ini,” ucap Fadli Zon.

Fadli kemudian mengapresiasi sikap Polandia yang dikatakan mendukung penuh integritas wilayah Indonesia dan akan turut aktif melakukan kampanye dan memberikan informasi yang benar tentang Papua.

Sedangkan, Krysztof Szczerski berharap Indonesia tetap menjadi negara yang aman dan kondusif serta dapat menyelesaikan secara tepat persoalan-persoalan gerakan separatisme yang saat ini terjadi di Papua.

Selain isu Papua, beberapa hal lain yang dibahas dalam pertemuan tersebut adalah kerja sama bilateral di bidang pertanian, pendidikan, perdagangan, dan pariwisata.

Comments

comments

Add Comment