DAB siap perangi peredaran minol wilayah Lapago

Wamena, Jubi Sekretaris Dewan Adat Balim (Lapago), Dominikus Surabut menegaskan pihaknya siap mengawal pemerintah daerah dan kepolisian untuk memberantas perjudian dan minuman beralkohol di wilayah adat tersebut.

Hasil kesepakatan pleno Dewan Adat Baliem ini akan disampaikan ke pemerintah daerah dan kepolisian untuk diberikan izin.

“Kami juga akan kerjasama dengan pihak aparat, bagaimana untuk menangani perjudian dan minuman keras ini,” kata Domi kepada wartawan di Wamena, Selasa (28/3/2017).

Keseriusan pemberantasan minuman beralkohol ini dituangkan Dewan Adat Baliem dalam hasil rekomendasi dan resolusi pada poin I tentang hukum adat dan peradilan adat bagian G tentang hukum adat perjudian dan minuman keras. Poin itu menerangkan  perjudian dilarang keras di wilayah adat suku/sub suku Hubula/Lani /Yali dan juga dilarang memproduksi, menjual dan mengkonsumsi minuman keras baik lokal maupun dari pabrik dan obat-obatan terlarang di wilayah hukum adat suku/sub suku Hubula/Lani/Yali.

“Kita membantu supaya orang tinggal di wilayah Lapago ini bisa hidup aman, nyaman. Kami pun sudah punya struktur di berbagai wilayah, kami pun tahu siapa yang mendatangkan permifannya, jadi siapa aktor dibelakang pemasok miras di Jayawijaya dan wilayah Lapago kami punya datanya,” tegasnya. (*)

Comments

comments

Share this post:

Related Posts

Leave a Comment